Breaking

LightBlog

Minggu, 23 September 2012

Makanan nomor 1 Luwuk. ! Pisang Louwe !

Pisang ini bisa diolah sedemikian rupa, sesuai dengan selera kita masing-masing. Ada yang hanya digoreng seperti biasa, ada juga yang diolah menjadi sebuah penganan (kue). Digoreng pun bisa beragam caranya, ada yang dipotong menjadi dua bagian kemudian digoreng langsung, ada yang di iris serong menjadi tipis lalu di goreng setengah matang, kemudian di angkat lalu ditumbuk sampai jadi penyet selanjutnya di goreng kembali hingga kecoklatan, lalu dinikmati dengan sambal terasi pedas. Untuk olahan menjadi sebuah penganan, pisang louwe di potong berbentuk batang korek api, lalu di goreng garing, setelah diangkat, di siram Susu Kental Manis Cokelat dan taburi meises atau keju sesuai selera. Masih banyak lagi olahan dari Pisang Louwe ini, karena rasanya yang gurih dan khas. Biasanya hidangan ini cocok bila dinikmati sore hari dengan secangkir teh/kopi hangat.

Di Luwuk, pisang ini musiman dijual di pasar, tapi jika anda ke daerah Pagimana, disepanjang jalan Desa Poh, atau Bungawon, anda akan menemukan bertandan-tandan pisang dijual dipinggir jalan.

Sebenarnya, pisang seperti ini bisa kita dapatkan di luar kota Luwuk, namun dengan nama yang berbeda. Ini juga saya tahu, setelah saya mencoba langsung sebuah pisang di sebuah daerah di kota Palu. Rasanya sih hampir sama dengan Pisang Louwe, hanya saja tekstur pisangnya lebih halus. Kalau kita mau cari yang sama dengan rasa Pisang Louwe yang asli yah kayaknya belum ada, oleh karena itu kita bisa simpulkan bahwa Pisang Louwe adalah ciri khas makanan kota Luwuk nomor. 1. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox